Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat
dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat
dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan
gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
nonverbal.
Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
a)
Komunikator : pihak yang bertindak sebagai
pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.
b) Menyampaikan berita: dapat dilakukan
dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan.
c) Berita-berita yang
disampaikan : dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
d) Komunikan : orang yang dituju,
pihak penjawab atau para pengunjung. Dengan kata lain orang yang menerima
berita.
e)
Tanggapan atau reaksi : bentuk jawaban
atau reaksi.
Hambatan-Hambatan
Komunikasi
1. Hambatan yang bersifat teknis
2. Hambatan semantik
3. Hambatan perilaku
Klasifikasi
Komunikasi Dalam Organisasi :
1. Dari segi sifatnya :
1. Dari segi sifatnya :
§ Komunikasi Lisan
§ Komunukasi Tertulis
§ Komunikasi Verbal
§ Komunikasi Non Verbal
2. Dari segi arahnya:
§ Komunikasi Ke atas
§ Komunikasi Ke bawah
§ Komunikasi Diagonal Keatas
§ Komunikasi Diagonal Kebawah
§ Komunikasi Horizontal
§ Komunikasi Satu Arah
§ Komunikasi Dua Arah
3. Menurut Lawannya :
§ Komunikasi Satu Lawan Satu
§ Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
§ Kelompok Lawan Kelompok
4. Menurut
Keresmiannya :
§ Komunikasi Formal
§ Komunikasi Informal
Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu
kegiatan intern didalam organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi
akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi
dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan
baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan.
Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena
itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar