Senin, 09 Januari 2012

Komunikasi dalam Organisasi


        Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
a)   Komunikator :  pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi.
b)  Menyampaikan berita: dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan.
c)   Berita-berita yang disampaikan : dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
d)  Komunikan : orang yang dituju, pihak penjawab atau para pengunjung. Dengan kata lain orang yang menerima berita.
e)   Tanggapan atau reaksi :  bentuk jawaban atau reaksi.


Hambatan-Hambatan Komunikasi
1.    Hambatan yang bersifat teknis
2.   Hambatan semantik
3.   Hambatan perilaku

Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi :
1. Dari segi sifatnya :
§  Komunikasi Lisan
§  Komunukasi Tertulis
§  Komunikasi Verbal
§  Komunikasi Non Verbal

2. Dari segi arahnya:
§  Komunikasi Ke atas
§  Komunikasi Ke bawah
§  Komunikasi Diagonal Keatas
§  Komunikasi Diagonal Kebawah
§  Komunikasi Horizontal
§  Komunikasi Satu Arah
§  Komunikasi Dua Arah

3. Menurut Lawannya :
§  Komunikasi Satu Lawan Satu
§  Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
§  Kelompok Lawan Kelompok

4. Menurut Keresmiannya :
§  Komunikasi Formal
§  Komunikasi Informal

        Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar